5 Penyebab Merasa Haus Terus-Menerus

Peningkatan glukosa di dalam urine menarik lebih banyak air, sehingga penderita jadi lebih sering kencing. Hal itu dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Selain sering haus, gejala awal diabetes di antaranya pandangan kabur, tubuh gampang lelah walaupun tidak banyak beraktivitas, mudah lapar, luka susah sembuh.

  1. Mulut kering

Alasan lain kenapa sering haus terkadang juga disebabkan mulut kering. Kondisi ini terjadi karena kelenjar di mulut menghasilkan sedikit air liur. Mulut kering biasanya disebabkan efek samping obat tertentu, merokok, atau penyakit sindrom sjogren. Selain sering haus, orang yang mulutnya kering biasanya juga mengalami bau mulut, air liur terasa lebih kental, sampai susah mengunyah.

  1. Anemia berat

Penyebab sering haus lainnya yakni anemia berat. Anemia adalah kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat.

Baca Juga :   Berikut Beberapa Makanan Mengandung Gluten yang Perlu Dihindari Oleh Penderita Celiac

Kondisi ini bisa bawaan lahir, imbas pola makan yang buruk, pendarahan, atau penyakit tertentu. Tak hanya sering haus, gejala anemia berat lainnya yakni pusing, badan lemas, kulit pucat, detak jantung cepat, dan keluar banyak keringat.

  1. Kelebihan kalsium

Selain beberapa penyebab di atas, alasan kenapa sering haus yang jarang terjadi bisa berasal dari kelebihan kalsium. Kelebihan kalsium bisa disebabkan kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, penyakit seperti tuberkulosis, sarkoidosis, dan kanker.

Komentar