oleh

Bahan Alami Untuk Kulit Putih Bersih

SMJTimes.com – Banyak orang berusaha mendapatkan kulit cerah dengan menggunakan produk kecantikan atau perawatan mahal di salon. Namun, tindakan tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, kandungan kimia di dalam produk tersebut bisa saja berdampak buruk pada kulit, khususnya jika diaplikasikan sembarangan.

Lantas, harus bagaimana? Adakah cara memutihkan kulit secara alami yang terbukti aman dan efektif? Ada! Selain bermanfaat sebagai pemutih badan, nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam bahan alami bisa menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Bahkan, beberapa masalah kulit Anda yang lain juga bisa teratasi dengan bahan-bahan alami ini.

Meski demikian, jangan lupa untuk melakukan uji coba, ya. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian hingga warna kulit yang Anda inginkan bisa tercapai. Berikut

Bengkoang

Menggunakan bengkoang juga menjadi salah satu cara memutihkan kulit yang cukup populer. Sangat banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai pemutih. Hal tersebut tidak lain karena bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berfungsi untuk memutihkan serta menjaga kulit supaya tetap cerah. Lalu, adanya kandungan vitamin C pada bengkoang bisa merangsang sel kulit untuk regenerasi.

Sediakan bengkoang secukupnya dan pastikan masih dalam keadaan segar, lalu kupaslah kemudian cuci sampai bersih. Setelah bersih, parutlah sampai benar-benar lembut dan peras parutannya. Lanjutkan dengan menyaringnya dan endapkan selama semalaman. Esok paginya Anda baru bisa mengambil endapan ramuan bengkoang untuk dibalurkan ke seluruh badan. Tunggu setengah jam sebelum dibilas dengan air.

Baca Juga :   Jarang Olahraga, Terserang Nyeri Otot? Berikut Tips Meredakannya

Mentimun dan Susu

Banyak sekali kandungan mineral dan vitamin pada mentimun. Kandungan tersebut penting dalam menjaga kesegaran kulit dan membuat kulit menjadi cerah dan bersih. Sementara susu berfungsi untuk memutihkan badan secara menyeluruh.

Tumbuk atau parut halus 1 – 2 buah mentimun, Campurkan tumbukan atau parutan mentimun dengan ½ liter susu, Aduk hingga tercampur rata. Jika sudah jadi, gunakan campuran mentimun dan susu ini sebagai lulur dengan cara mengoleskan secara merata ke seluruh tubuh dalam kondisi kering.

Setelah itu biarkan saja selama kurang lebih 10 menit sebelum anda membasuh tubuh memakai air bersih dan melanjutkan dengan mandi seperti biasa. Supaya maksimal hasilnya, lakukan mandi lulur ini setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu

Tomat

Lycopine pada tomat merupakan anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membuat kulit menjadi cerah. Tomat juga berfungsi sebagai tabir surya untuk memperkecil kerusakan karena sinar UV.  Kandungan vitamin E-nya yang tinggi menjadi jaminan bahwa vitamin ini mampu memroduksi kolagen lebih, meregenerasi sel kulit, dan memudarkan flek hitam secara alami dan aman.

Sediakan tomat 1 buah yang kemudian dicuci bersih. Belah tomat tersebut menjadi 2 bagian, setelah itu gosok – gosokkan lembut ke area badan Anda yang ingin lebih putih. Setelah proses pengolesan atau penggosokan, tunggu setengah jam untuk peresapan baru dibilas menggunakan air dingin hingga benar – benar bersih. Lakukan rutin setiap hari demi hasil putih yang maksimal.

Konsumsi Jus Lemon

Jus lemon mengandung antioksidan dan vitamin C, yang dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru. Senyawa tersebut juga dapat mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat mengencangkan pori-pori dan mengurangi sekresi sebum. Dengan demikian, kelembapan kulit Anda lebih terjaga sehingga akan tampak lebih cerah.

Baca Juga :   Sejuta Manfaat Air Putih

Konsumsi Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan enzim yang berpotensi mencerahkan kulit. Produk fermentasi susu ini juga mengandung asam laktat, yang termasuk ke dalam AHA (asam hidroksi alfa) untuk membantu eksfoliasi kulit. Fungsi tersebut akan membantu warna kulit tampak lebih cerah dan putih.

Konsumsi Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan jerawat, bercak penuaan, dan bekas luka. Madu juga berfungsi melembapkan kulit, menghilangkan sel kulit mati dan membuat penampilannya lebih cerah.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Selain cara diatas, adapun hal yang perlu diperhatikan agar kulit menjadi putih dan sehat sebagai berikut.

  1. Minum Air Putih Secara Teratur

Air putih tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga efektif untuk merawat kulit. Minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu melawan garis-garis halus, kerutan, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan. Oleh sebab itu, minumlah setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon ke dalam air tersebut, untuk hasil yang lebih baik.

  1. Hindari Paparan Matahari Langsung

Sinar matahari memang sumber vitamin D alami terbaik. Namun, paparan sinar matahari secara berlebihan malah bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit. Agar kulit terlindungi dari paparan ultraviolet (UV) matahari, Anda perlu menggunakan tabir surya dengan minimal 30 SPF. Hal tersebut perlu dilakukan sekalipun Anda di dalam rumah ataupun beraktivitas di bawah cuaca mendung.

  1. Menjaga Diet Seimbang dan Sehat
Baca Juga :   Manfaat Bersepeda, Meningkatkan Daya Ingat Hingga Mencegah Demensia

Apa yang Anda makan akan mempengaruhi kondisi kulit. Untuk itu, penting untuk menerapkan pola diet yang sehat dan seimbang agar kulit senantiasa sehat.

Hindari konsumsi makanan berminyak, manis, dan pedas secara berlebihan. Lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, E, karotenoid, dan asam lemak omega.

  1. Menggunakan Pelembap

Jangan sampai luput untuk memperhatikan kelembapan kulit Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengaplikasikan pelembap kulit yang tepat secara berkala agar hidrasinya tetap terjaga. Pelembap kulit paling baik diaplikasikan setelah mandi atau sesuai Anda melakukan eksfoliasi.

  1. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat merusak organ dalam tubuh, seperti paru-paru. Tindakan tersebut juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Pada orang yang memiliki kebiasaan merokok, kondisi kulitnya cenderung kering, kusam, dan tidak sehat.

Itulah cara memutihkan badan secara alami paling ampuh yang bisa Anda praktikkan di rumah. Tanpa harus perawatan mahal, Anda bisa menggunakan cara-cara tradisional tersebut demi kulit badan cerah dan semakin menarik. (*)

Komentar

News Feed