Bahan di Rumah yang Bisa Membersihkan Kerak Hitam di Setrika

SMJTimes.com – Jika digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama, seringkali muncul kerak hitam pada setrika. Tak hanya merusak pemandangan, jika dibiarkan dapat berpengaruh pada kinerja setrika hingga menodai pakaian.

Berikut ini bahan-bahan di rumah yang bisa memberikan kerak hitam pada setrika mengutip Kompas.com.

  1. Pasta gigi

Pertama, pastikan pasta gigi yang digunakan mengandung pemutih. Hindari pasta gigi dengan garis biru atau merah.

Kedua, cukup gosokkan ke lempengan besi setrika menggunakan tangan atau sikat gigi. Setelah selesai, bersihkan pasta gigi dengan kain microfiber yang bersih. Ulangi prosesnya jika kerak hitam masih menempel kini, kerak setrika dapat dihilangkan dan setrikamu terlihat seperti baru.

  1. Cuka
Baca Juga :   Keistimewaan Surat Yasin

Buat campuran setengah cangkir air dengan setengah cangkir cuka putih. Celupkan kain mikrofiber bersih ke dalam larutan dan gosok ke bagian setrika yang berkerak dan menghitam.

Jika setrikamu adalah jenis setrika uap, akan lebih baik, isi ulang tangki air setrika dan colokkan, setel pengaturan ke uap. Letakkan bagian ujung setrika di atas selembar kain dan biarkan selama lima menit. Apabila setrika masih menghitam dan noda kerak cukup parah, maka kamu bisa merendamnya dengan cuka putih, masukkan handuk bersih, lalu letakkan setrika di atasnya selama 30 menit.

  1. Garam

Kamu juga bisa membersihkan setrika yang berkerak dengan garam. Pertama, siapkan koran atau kantong kertas warna cokelat. Kemudian, taburi garam di atas permukaannya lalu nyalakan setrika ke setelan paling panas dan gosokan ke permukaan kertas yang sudah dilumuri garam.

Komentar