oleh

Bebas Pemutih, Ini 5 Cara Mencuci Pakaian Putih

SMJTimes.com – Mencuci baju putih memang butuh perawatan tersendiri. Apalagi jika ada noda yang menempel cukup susah untuk menghilangkannya.

Umumnya, banyak orang menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan noda yang membandel. Namun, terlalu sering menggunakan pemutih dapat merusak pakaian hingga memudarkan warna baju.

Berikut ini tips mudah memcuci pakaian putih secara alami tanpa pemutih.

  1. Cuka putih

Campurkan 1 cangkir cuka putih dengan 3,7 air panas. Rendam kain putih dalam larutan cuka putih dan biarkan meresap semalaman, lalu cuci seperti biasa.

Tambahkan 1 cangkir cuka putih saat membilas pakaian putih atau berwarna-warni. Ini akan membantu menghilangkan residu yang membuat pakaian tampak kusam.

  1. Lemon
Baca Juga :   Menjelang Lebaran, Penjual Pakaian Pasar Rembang Ramai Pembeli

Asam sitrat dalam lemon dapat memutihkan kain dan bekerja dengan baik untuk memutihkan serat kapas, linen, dan poliester.

Campurkan setengah cangkir air perasan lemon (sekitar 4 lemon) ke dalam 3,7 liter air panas. Masukkan cucian putih ke dalam air lemon dan biarkan meresap setidaknya selama satu jam atau hingga semalaman untuk memutihkan. Kemudian cuci seperti biasa.

  1. Soda kue atau baking soda

1 cangkir soda kue ke dalam 3,7 liter air mendidih di dalam ember, lalu masukkan pakaian putih yang kotor, dan biarkan terendam setidaknya selama satu jam atau semalam. Kandungan natrium bikarbonat dalam soda kue akan membantu membersihkan kotoran pada pakaian katun yang membuatnya kusam. Setelah direndam soda kue, cuci pakaian seperti biasa.

  1. Boraks
Baca Juga :   Manis-manis Bikin Candu, Ini Alasannya

Boraks adalah alternatif pemutih klorin yang membantu menghilangkan noda dan mengatasi warna pudar. Dalam sebuah ember, campurkan setengah cangkir boraks bubuk dengan 3,7 liter air hangat.

Selanjutnya masukkan pakaian putih ke dalam larutan boraks dan biarkan terendam setidaknya selama 30 menit atau lebih. Setelah selesai, cuci pakaian yang habis direndam seperti biasa.

  1. Aspirin

Kandungan asam salisilat dalam aspirin lebih dari sekadar meredakan sakit kepala, tetapi juga dapat membantu mencerahkan kain. Untuk memutihkan pakaian, kamu membutuhkan setidaknya 10 tablet aspirin untuk 3,7 liter air panas. Metode ini paling efektif pada kain katun 100 persen.

Didihkan 3,7 liter air dalam sebuah panci, lalu masukkan 10 tablet aspirin. Aduk aspirin hingga larut, dan matikan api jika sudah selesai.

Baca Juga :   Beberapa Upaya Tingkatkan Imunitas Tubuh

Tuangkan air larutan aspirin yang ada di panci ke dalam ember, dan masukkan kain katun. Biarkan kain meresap sampai air benar-benar dingin, lalu cuci seperti biasa. (*)

Komentar

News Feed