Aktivitas Masyarakat Turun, Sampah di Pati Berkurang 19 Persen

Pati, SMJTimes.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati mencatat terjadi pengurangan tonase sampah di Kabupaten Pati sebanyak 19,53 persen atau 41,1 ton dalam satu semester tahun 2021.

Penurunan ini diduga tak lepas dari penurunan aktivitas masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Iwan Trisno selaku Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup mengatakan di akhir tahun 2021 pihaknya menargetkan ada penurunan sampah sebanyak 24 persen.

“Untuk sampah anorganik kami targetkan program pengurangan sampah adalah 24 persen. Tahun sebelumnya 23 persen dan tercapai. Sampai semester ini sudah 20-an persen,” kata saat ditemui di kantornya, Senin (9/8/2021).

Upaya Pemda melarang swalayan dan retail modern untuk tidak menggunakan pembungkus plastik juga  menurutnya efektif menekan jumlah sampah anorganik.

Baca Juga :   Pastikan Ketertiban Pilkades Serentak, Komisi A DPRD Pati Bakal Sidak

Iwan merinci, timbunan sampah di Pati selama satu semester tahun 2021 sekitar 241,6 ton. Dari jumlah sampah tersebut 58,04 persen masuk dalam kategori sampah terkelola (sampah yang dikelola Pemda) sementara 41,96 persen masuk kategori sampah tidak terkelola (sampah yang dikelola masyarakat).

Komentar