oleh

Tingkatkan Nafsu Makan, Konsumsi Sumber Makanan Berikut

SMJTimes.com – Sejumlah orang berupaya untuk meningkatkan nafsu makan. Berbagai cara dilakukan hingga mengonsumsi suplemen tertentu.

Hilangnya nafsu makan dapat memperngaruhi kualitas hidup seseorang. Pasalnya, merosotnya nafsu makan bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi yang penting untuk kesehatan.

Namun, mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan ditakutkan dapat memicu efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Berikut ini zat potensial yang dapat meningkatkan nafsu makan secara alami.

  1. Zinc

Melansir Medical News Today, kekurangan zinc dapat menyebabkan gejala tidak nafsu makan sampai daya tahan tubuh menurun. Kekurangan mineral penting ini bisa memengaruhi nafsu makan karena persepsi rasa di lidah jadi berubah.

Orang dewasa setidaknya membutuhkan zinc sebanyak 8-11 miligram per hari. Kebutuhan zat gizi ini lebih tinggi pada ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Baca Juga :   Tips Meningkatkan Berat Badan, Lakukan Hal Berikut

Penelitian pada hewan menunjukkan, pemberian asupan yang mengandung zinc dapat menambah nafsu makan pada objek yang kekurangan zinc. Beberapa makanan sumber zinc alami di antaranya daging sapi, tiram, telur, kacang-kacangan, sampai gandum utuh.

  1. Vitamin B1

Fungsi vitamin B1 atau tiamin sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan tidak nafsu makan sampai menurunkan berat badan. Berdasarkan pedoman angka kecukupan gizi menurut Kementerian Kesehatan, kebutuhan vitamin B1 orang dewasa sebanyak 1,1-1,2 miligram per hari.

Anda bisa menambah asupan vitamin B1 dengan makan gandum utuh seperti roti gandum, daging sapi, kacang-kacangan, dan telur.

  1. Asam lemak omega 3

Menurut beberapa penelitian, penambah nafsu makan alami yang potensial lainnya yakni asam lemak omega 3. Minyak ikan dan ikan berlemak seperti kembung, salmon, tuna, tengiri, dan teri merupakan sumber alami asam lemak omega 3.

Baca Juga :   Sindrom Patah Hati Imbas Buruk Putus Cinta

Bagi kalangan vegan atau vegetarian, asupan omega 3 dapat diperoleh dari alga atau makanan berbasis kacang kedelai.

  1. Rempah untuk mengurangi perut begah

Melansir Healthline, rempah-rempah karminatif atau bersifat mengurangi perut begah juga potensial untuk menambah nafsu makan.

Beberapa contoh rempah karminatif antara lain adas, peppermint, lada hitam, ketumbar, daun mint, jahe, dan kayu manis. Jenis rempah ini dapat merangsang produksi empedu untuk melancarkan pencernaan lemak, serta memiliki aroma dan rasa untuk menambah nafsu makan.

  1. Ramuan pahit

Ramuan bercitarasa pahit juga kerap digunakan sebagai obat penambah nafsu makan alami. Ramuan pahit dapar merangsang produksi enzim pencernaan, sehingga nafsu makan bertambah.

Contoh beberapa ramuan pahit di antaranya bunga centaury, gentian (Gentiana lutea L.), dan sejumlah jamu pahit.

  1. Echinacea

Penambah nafsu makan alami lainnya yakni echinacea. Bahan alami ini dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh ketika sedang sakit.

Baca Juga :   Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan, kandungan zat alkylamines dalam echinacea dapat menambah nafsu makan. Perlu diingat, kendati beberapa bahan penambah nafsu makan di atas bersifat alami, beberapa zat bisa berinteraksi dengan obat yang sedang dikonsumsi.

Agar lebih aman, sebelum menambah nafsu makan dengan vitamin atau obat alami di atas, konsultasikan dengan dokter yang menangani jika Anda tengah menjalani pengobatan tertentu. (*)

Komentar

News Feed