Meningkatkan Bakteri Baik, Berikut Makanan dan Minuman Fermentasi

SMJTimes.com – Sejumlah makanan dan minuman yang difermentasi dinilai dapat memberi khasiat pada kesehatan tubuh.

Fermentasi adalah proses yang melibatkan bakteri dan ragi yang memecah gula. Tak hanya membantu mengawetkan makanan, fermentasi juga meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada di usus.

Berikut ini makanan dan minuman fermentasi yang dapat meningkatkan probiotik

  1. Tempe

Tempe dibuat dari fermentasi kedelai yang telah dipadatkan dengan ragi. Selain kandungan probiotiknya yang mengesankan, tempe kaya akan banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan.

Misalnya, protein kedelai telah terbukti membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Tinjauan literatur 2019, yang memperhitungkan lebih dari 40 penelitian, melihat efek makan protein kedelai.

Baca Juga :   Tak Bisa Kentut, Kenali Penyebab dan Cara Menanganinya

Selain itu, sebuah penelitian tabung menemukan bahwa senyawa tanaman tertentu dalam tempe dapat bertindak sebagai antioksidan.

Senyawa ini dapat membantu mengurangi penumpukan radikal bebas, yakni senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

  1. Kombucha

Kombucha adalah teh fermentasi yang bersoda, asam, dan beraroma. Kombucha terbuat dari teh hijau atau hitam dan memiliki manfaat kesehatan yang baik. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minum kombucha dapat membantu mencegah toksisitas hati dan kerusakan yang disebabkan oleh paparan bahan kimia berbahaya.

Komentar