oleh

Peduli Sesama, Rumah Makan Rakjat Pati Salurkan Bantuan Bagi Warga Isoman

Pati, SMJTimes.com – Perilaku warga berebut susu kemasan di sejumlah kota besar tidak terjadi di Kabupaten Pati. Bahkan beberapa warga Bumi Mina Tani lebih memilih bersimpati dan berbagi.

Beberapa komunitas yang tergabung dalam Rumah Makan Rakjat Pati memilih ikut andil dalam perlawanan menghadapi pagebluk Covid-19.

“Kami tergabung dari Rumah Makan Rakjat Pati, dari berbagai komunitas. Yakni, PBI, Sijum Pati, Rehab Hati Pati, Subulussalam, 3GO Pati, Project Langit dan KUMIMA dan IMW Pati,” ujar Koordinator Rumah Makan Rakjat Pati, Muhammad Khoirul Anam, Senin (5/7/2021).

Mereka mengumpulkan donasi serta menyuplai kebutuhan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di berbagai tempat.

Sudah lebih dari 200 bantuan didistribusikan ke berbagai tempat. Ratusan bantuan ini berupa sembako, obat-obatan, makanan dan kebutuhan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri lainnya.

Baca Juga :   Dampak Corona dan Tahun Duda, Jumlah Pendaftar Nikah Turun

“Penyaluran kita lakukan di Pati Kota, Trangkil, Margoyoso, Gabus, Kayen. Kita menyuplai makanan, sambako, vitamin dan herbal untuk warga yang isolasi mandiri di rumah,” ungkap lelaki yang akrab disapa Anam ini.

Anam menuturkan langkah ini sudah berjalan lebih dari satu bulan dengan melibatkan sekitar 90 relawan. Dalam melakukan pemberian bantuan, mereka melakukan pendataan dan memastikan warga isoman.

“Relawan ada ada 90-an. Sudah hampir satu bulan setengah. Kita peroleh data dari pasien yang isoman dan juga rekomendasi,” kata Anam.

Relawan-relawan ini dilengkapi dengan masker dan hand sanitizer agar tidak tertular virus corona. “Relawan yang kita suruh mengantar dengan menggunakan masker membawa hand sanitizer, dan tanpa kontak dengan warga yang isoman,” tutur dia.

Baca Juga :   Pembangunan Infrastruktur Pertama Pemindahan Ibu Kota Dianggarkan 865 Miliar

Ia berharap langkah yang dilakukan kelompoknya ini dapat mengurangi beban warga yang isolasi mandiri. “Harapan semoga wabah corona segera berlalu, aktivitas bisa kembali normal lagi dan untuk warga yang isoman bisa beraktivitas normal lagi,” harapnya.

Selain itu, masyarakat yang mempunyai kelebihan finansial diharapkan dapat tergerak ikut membantu warga yang isoman maupun membutuhkan. Mereka bisa memberikan bantuan secara langsung maupun lewat gerakan Rumah Makan Rakjat Pati yang beralamat di Jl. Dr. Soesanto Gg. Sawojajar No. 02 Parenggan, Pati Kota.

“Masyakarat yang hatinya tergerak ingin men-support warga yang isoman bisa membantu dengan mengirimkan bantuan di Rumah Makan Rakjat Pati. Kita ada laporan. Yang mempunyai lebih mohon ikut andil. Karena saat pandemi ini banyak yang membutuhkan. Jiwa kemanusiaannya kita panggil,” pungkas Anam. (*)

Baca Juga :   12 Tips Menjaga Mata Sehat

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Ikut Andil Perangi Pandemi, Rumah Makan Rakjat Pati Suplai Kebutuhan Warga Isoman”

Komentar

News Feed