oleh

6 Aktivitas Saat Isolasi Mandiri Agar Tetap Bugar

SMJTimes.com – Kasus Covid-19 meninggi di Indonesia. Banyak masyarakat terpapar Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumah.

Pasien Covid-19 diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah jika tak memiliki gejala serius yang mengharuskan menggunakan alat bantuan medis. Pasalnya, di sejumlah rumah sakit telah penuh dengan pasien Covid-19.

Agar tetap bugar selama menjalani isolasi mandiri, lakukan beberapa kegiatan berikut.

  1. Rajin minum air putih

Rajin minum air putih memanglah bukan jaminan untuk cepat sembuh dari Covid-19. Hanya saja, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangatlah penting.

Dengan senantiasa minum air putih kurang lebih 8 gelas per hari, fungsi ginjal, kesehatan jantung, maupun keseimbangan elektrolit tubuh akan terjaga. Di samping menjaga kesehatan tubuh, kulit tidak akan kasar dan sembelit juga tidak akan dirasakan.

  1. Olahraga

Beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba adalah yoga, jogging di tempat, senam aerobik, zumba, ataupun olahraga kardio. Atau, selama dalam ruang isolasi, Anda bisa membereskan tempat tidur atau membersihkan kamar.

Baca Juga :   Hotel Kencana Jadi Tempat Isolasi, Puluhan OTG Telah Menghuni

Dengan seringnya beraktivitas, banyak manfaat kesehatan jasmani dan rohani yang Anda dapatkan.

  1. Melatih kekuatan tubuh

Banyak manfaat dari melatih kekuatan tubuh, mulai dari meningkatkan kekuatan, keseimbangan, sampai dengan fleksibiltas tubuh bisa didapatkan apabila rutin melakukan olahraga kekuatan.

Jenis olahraga yang boleh menjadi opsi ialah push up ataupun sit up. Anda bisa melakukannya sebanyak dua sampai empat set dengan 15 kali repetisi.

Jangan lupa beri jeda selama 2 sampai 3 menit supaya tubuh dapat beristirahat sejenak.

  1. Istirahat secara teratur

Tidur yang kurang baik sudah terbukti memberikan dampak buruk pada tubuh. Jika Anda kekurangan jam tidur, risiko mengidap beberapa penyakit, seperti penyakit ginjal, jantung, hipertensi, akan semakin tinggi.

Sebaliknya, ketika Anda memerhatikan durasi tidur setiap malam, akan semangat di siang hari, berat badan terjaga, dan suasana hati juga semakin ceria.

Baca Juga :   Ratusan Warga Pati Jalani Isolasi Mandiri

Bukan hanya dalam bentuk tidur, sekiranya masih bekerja selama isolasi mandiri, luangkan waktu selama 20–30 menit untuk refreshing sebentar. Hal ini supaya Anda tidak duduk dan menatap layar komputer seharian.

  1. Tetap menjaga komunikasi dengan keluarga

Penting untuk tetap menjaga jarak dan meminimalisasi frekuensi interaksi, isolasi mandiri bukan berarti memutus tali silaturahmi. Anda tetap bisa berkomunikasi lewat video call dengan anggota keluarga yang lain.

Dengan ini, Anda bisa melepas rindu dan tidak akan merasa kesepian selama isolasi mandiri.

  1. Melakukan hal yang digemari

Isolasi mandiri, Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk sekadar menjalankan hobi. Namun karena selama isoman lebih banyak waktu luang, bisa mulai hidupkan kembali hobi yang sempat tenggelam tersebut.

Baca Juga :   Kenali Bahaya Tato Permanen bagi Kesehatan

Misalnya, senang menulis artikel. Boleh banget untuk mengirimkannya ke situs yang bisa memberikan bayaran. Tidak suka menulis tapi gemar menari, lakukan saja!

Intinya, usahakan untuk selalu membangun mood atau suasana hati yang happy supaya tubuh pun semakin cepat pulih. Lakukan kegiatan apa saja yang gemari supaya tidak mengalami stres dan bosan ketika tengah isolasi mandiri.

Itulah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh selama isolasi mandiri. Tetap jaga kesehatan jasmani dan rohani supaya imun tubuh tetap kuat menghadapi serangan penyakit. Semoga bermanfaat!

Komentar

News Feed