oleh

Video : Joki BPUM Berkeliaran, Tarif Sampai Rp100.000 per UMKM

Pati, Smjtimes.com – Pendaftaran dan pengajuan Bantuan Produktif Usaha Mandiri (BPUM) di Kabupaten Pati dimanfaatkan beberapa oknum untuk mencari keuangan. Para oknum ini membuka joki pengajuan BPUM, tarifnya kisaran Rp50.000 – Rp100.000 per penerima BPUM.

Berdasarkan laporan sejumlah pelaku UMKM joki ini memiliki cara tersendiri. Mulai menawarkan jasanya dari perorangan hingga kelompok UMKM.

Pengakuan dari Yuli (pelaku UMKM), joki ini menawarkan pembuatan nomor induk berusaha (NIB) hingga pendaftaran BPUM.

“Tapi tidak jelas, Mas. Mereka tidak mau tahu diterima apa tidak. Yang penting sudah dibantu pendaftaran,” terangnya.

Jasa joki ini, kata dia, meresahkan pihaknya. Soalnya ditengah pandemi yang serba sulit ini malah mengambil keuntungan dalam kesempitan.

Baca Juga :   Pasar Ramadan, Libatkan Sejumlah UMKM Rembang

“Tergantung kalau harganya. Misalnya di Gembong itu Rp100 ribu. Di daerah lain saya juga mendapat laporan Rp80 ribu,” ungkapnya.

Menanggapi ini, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Wahyu Setyati mengatakan, memang banyak oknum yang memanfaat situasi ini. Menurutnya permasalah ini hanya rumor. Soalnya pihaknya belum mendapat laporan resmi tentang ini.

“Kalau mendengar rumor itu banyak. Saya yakin itu pasti ada. Mereka memanfaatkan kondisi ini. Karena ini ribuan orang yang mendaftar,” jelasnya.

Dia mengaku, sudah bekerja sama dengan pihak desa dan kecamatan. Seharusnya pihak desa memberikan sosialisasi ke calon pendaftar. Itupun tidak dipungut biaya.

Komentar

News Feed