oleh

Tak Kantongi Izin, Pertunjukan Sedekah Bumi di Pati Dibatalkan

Pati, SMJTimes.com – Dalam rangka menghindari kerumunan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona, sebuah pagelaran wayang merayakan sedekah bumi di Desa Mulyoharjo, Pati terpaksa urung dilaksanakan, Sabtu (19/6/2021).

Camat Pati Kota Didik Rusdianto menuturkan, selain berpotensi menimbulkan kerumunan, acara ini juga belum mengantongi surat izin dari Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati.

“Tidak diizinkan bupati Pati, Mas. Soalnya, bisa memicu kerumunan,” kata Didik saat terjun ke lokasi bersama dengan Polsek kota dan Satpol PP Pati mencegah acara berlangsung.

Pihaknya pun mengimbau penyelenggara mengurungkan pagelaran wayang dan mengganti dengan doa bersama. Sedekah bumi itu pun dialihkan dengan acara doa bersama dengan maksimal diikuti 15 peserta.

Baca Juga :   Meski Sudah Divaksin, Haryanto Imbau TKI Terapkan Protokol Kesehatan

“Saya juga sedih perayaan semacam ini dibatalkan. Soalnya ini kan syukuran. Namun, bagaimana lagi. Yang terpenting keselamatan bersama,” tutur kepada pihak penyelenggara.

Didik mengatakan tidak akan beranjak dari lokasi sebelum semua alat pagelaran wayang diangkut. “Kami akan menunggu sampai alat-alat kesenian ini dikembalikan. Semuanya harus sudah dikemas,” tegasnya.

Ritual sedekah bumi tidak dilarang, hanya saja bila menganggap kesenian atau pertunjukkan pihaknya melarang. Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Pati Haryanto.

“Ritual semacam ini bisa digelar tahun depan. Itupun kalau pandemi sudah berakhir,” tandas Didik. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Hindari Kerumunan, Pagelaran Wayang Sedekah Bumi di Pati Dibatalkan”

Komentar

News Feed