oleh

Pemprov Jateng Beri Bantuan Restrukturisasi Bunga Koperasi

Pati, SMJTimes.com – Pandemi Covid-19 membuat anggota koperasi kesulitan membayar cicilan dan bunga yang ditanggungnya. Hal ini membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memberikan bantuan untuk merestrukturisasi bunga dengan tujuan agar para anggota koperasi terbantu dalam melakukan pembayaran bunga.

Kepala Dinkop UMKM Kabupaten Pati Wahyu Setyawati menuturkan, bahwa restrukturisasi bunga ini dimulai pada bulan Maret sampai bulan Desember tahun 2021 nanti.

Dengan adanya bantuan ini, anggota cuma membayar 40 persen dari bunga, sementara sisanya dibayarkan Pemprov Jawa Tengah dari dana APBD Provinsi Jawa Tengah.

“(Restrukturisasi) berupa uang, jadi bunga nanti yang 60 persen yang bayar dari anggaran provinsi (APBD) kemudian yang 40 persen dari anggota. Itungannya ringan lah,” ungkapnya.

Baca Juga :   347 Koperasi Tak Pernah Laporkan Aktivitas ke Dinkop UMKM Pati

Ia memaparkan bahwa di masa pandemi ini semua koperasi terkena dampaknya. Namun, mau tidak mau semua koperasi harus tetap survive di tengah pandemi. Selain adanya bantuan untuk restrukturisasi bunga dari provinsi, pihaknya pun selama ini telah melakukan sejumlah langkah agar koperasi bisa tetap survive.

“Kita melakukan pendampingan kepada koperasi-koperasi. Alhamdulillah sudah mulai baik. Mulai awal 2021 sudah mulai menunjukkan indikasi baik,” paparnya.

Ia menyebutkan, di Kabupaten Pati terdapat 400 koperasi yang aktif. Semuanya terkena dampaknya, namun tidak ada satu pun yang sampai tutup. Hanya mengalami penurunan omzet.

“(Omzet) menurun, tapi kalau sampai berhenti tidak. Terus masing-masing koperasi ada kebijakan. jika tidak bisa membayar sesuai dengan pinjaman anggota. Ini kan terus ada restrukturisasi misalnya waktu lebih diperpanjang kemudian bunga ada kebijakan keringanan bunga,” tandasnya. (*)

Baca Juga :   Pencarian Korban Kecelakaan Kapal di Pati hingga Perairan Rembang

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Anggota Koperasi Kesulitan Bayar Bunga, Provinsi Beri Bantuan Restrukturisasi”

Komentar

News Feed