oleh

Kulit Kepala Terasa Gatal, Berikut Ini Penyebabnya

SMJTimes.com – Rasa gatal di kulit kepala sering kali dirasakan oleh banyak orang padahal rajin keramas. Gatal ini bisa mengganggu kenyamanan dan kesegaran rambut.

Berikut ini beberapa penyebab gatal di kulit kepala dan penanganannya.

  1. Ketombe

Ketombe adalah penyebab umum kulit kepala yang gatal dan memengaruhi setengah dari populasi orang dewasa.

Ketombe bisa dipicu dari banyak faktor, seperti kulit yang sensitif atau bertumbuhnya jamur. Selain kulit kepala yang gatal, gejala ketombe lainnya yaitu serpihan kulit di kulit kepala atau alis dan kulit kepala yang berdarah saat digaruk.

Untuk mengatasi ketombe, kita perlu menemui dokter kulit atau dokter umum yang dapat mengetahui akar penyebabnya.

  1. Psoriasis

Psoriasis merupakan gangguan autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel kulit yang sehat. Hal ini dapat mengakibatkan ruam dan kulit mengelupas yang terjadi di bagian tubuh, termasuk kulit kepala.

Baca Juga :   Dinkes Pati: Antusiasme Vaksinasi Warga Pati Tinggi

Gejala psoriasis lainnya meliputi: Kulit kering dan pecah-pecah yang terasa gatal Pembengkakan pada persendian Bercak merah bersisik pada kulit Psoriasis harus ditangani oleh ahli medis. Dokter biasanya menyarankan perawatan topikal, obat oral, atau kombinasi keduanya.

  1. Kutu

Siapa saja dapat terinfeksi kutu rambut, tetapi kutu rambut paling sering ditemukan pada anak berusia 3-12 tahun.

Gejala kutu rambut: Rasa gatal yang luar biasa Sensasi menggelitik di kepala Luka di leher atau kulit kepala Terdapat bintik kecil putih, cokelat, atau abu-abu gelap di rambut dan kulit kepala.

Cara terbaik untuk menghilangkan kutu adalah menghubungi dokter perawatan primer atau dokter kulit agar dokter memberikan resep.

  1. Ruam

Ketika sistem saraf stres, tubuh akan melepaskan senyawa yang disebut histamin. Pelepasan senyawa histamin menyebabkan peradangan, yang dapat memicu gatal-gatal atau ruam stres.

Baca Juga :   Ketahui Manfaat Air Ketumbar, Menjaga Kesehatan Kulit Hingga Rambut

Gonzales mengatakan, ruam akibat stres sering ditemukan di leher, lengan, dan dada, namun terkadang juga bisa berada di kulit kepala. Stres berskala tinggi atau mengalami peristiwa yang penuh tekanan dapat menyebabkan ruam stres.

Gejalanya meliputi: Benjolan yang terasa gatal, Pembengkakan, Rasa terbakar saat ruam disentuh.

Untuk menanganinya, coba antihistamin yang dijual bebas, atau menggunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa gatal, kemerahan, dan peradangan.

  1. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik terkadang menyebabkan kulit kepala gatal. Kondisi ini merupakan gangguan kulit kronis dan penyebab pastinya tidak diketahui.

Namun, alergen atau iritasi serta genetika dan lingkungan memengaruhi seseorang untuk mengalami dermatitis atopik.

Gejala lain dari dermatitis atopik: Bercak abu-abu kecokelatan di tangan, leher, dan pergelangan tangan Benjolan kecil yang mengeluarkan cairan saat tergores Kulit kering Bercak merah bersisik Dermatitis atopik bisa ditangani dengan menggunakan salep dan krim untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Baca Juga :   5 Penyebab Merasa Haus Terus-Menerus

Komentar

News Feed