oleh

Bekerja di Arab Saudi, Ibu TKI Pati Kesulitan Pulang

Pati, SMJTimes.com – Seorang pekerja migran Indonesia atau TKI asal Kabupaten Pati, Agus Purnomo (24) meninggal di Taiwan. Sayangnya, sang ibu yang juga bekerja di luar negeri kesulitan pulang untuk melihat jenazah anaknya dikebumikan.

Keluarga pun berharap pemerintah bisa membantu kepulangan Kamimah, ibunda Agus yang saat ini masih berada di Arab Saudi. Kamimah sudah belasan tahun berada di Arab Saudi. Kamimah masih kesulitan untuk pulang ke rumahnya di Pati karena persoalan dokumen.

Sukirah, bibi (budhe) almarhum Agus mengatakan bahwa keponakannya itu berangkat ke Taiwan melalui perusahaan agensi yang berada di Kendal. Pihak perusahaan telah mengurus proses pemulangan jenazah.

“Pihak PT sudah datang, alhamdulillah sudah diurus, mudah-mudahan lancar, cepat sampai rumah. Kata pihak PT, kalau surat sudah lengkap langsung jenazah bisa dipulangkan. Tapi kami belum dapat kabar kapan kepastian pulangnya,” ujarnya saat ditemui di rumah duka di Dukuh Popoh, Desa Srikaton, Kayen.

Baca Juga :   Alami Kecelakaan Kerja di Taiwan, TKI Pati Meninggal Dunia

Sukirah bersyukur, pihak perusahaan agensi bersedia untuk membiaya seluruh proses pemulangan jenazah keponakannya itu.

“Kami dipesani, kalau ada pihak yang datang meminta biaya, kami diminta jangan percaya, karena semua sudah diurus PT,” tutur dia.

Namun, Sukirah mengatakan bahwa pihak keluarga justru mengalami kendala terkait kepulangan ibunda Agus, Kamimah.

“Ibunya di Arab Saudi, surat-suratnya sudah lama hilang, jadi tidak bisa pulang. Kami harap pemerintah bisa bantu supaya ibunya pulang,” kata dia.

Sejak Agus masih berumur 4 tahun, lanjut Sukirah, Agus sudah ditinggal ibunya merantau ke Arab Saudi.

Komentar