oleh

Tips Menghadapi Teman yang Menangis, 3 Hal yang Perlu Dihindari

SMJTimes.com – Menangis menjadi salah satu bentuk luapan emosi yang seringkali dilakukan orang. Acap kali seseorang merasakan kelegaan usai menangis.

Menghadapi teman yang tengah menangis bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, seseorang akan menjadi lebih sensitif di kala menangis.

Namun, kehadiran kamu sebagai temen juga memiliki peran penting yang bisa membuat temanmu menjadi lebih baik. Lantas apa yang perlu kamu lakukan di saat temanmu tengah menangis?

Jangan melarang perasaannya

Luapan emosi setiap orang berbeda-beda. Ada kalanya, menangis menjadi salah satu cara terbaik untuk sesorang mengekspresikan perasaannya.

Melarang ungkapan perasaan seperti ucapan “Sudah kamu jangan menangis,” atau “Kamu tak perlu bersedih,” dan juga “Kamu sudah dewasa jangan menangis seperti anak kecil,” justru bisa memperburuk kondisi psikis temanmu. Alih-alih menenangkan kamu malah membuat perasaan temanmu menjadi tidak karuan.

Baca Juga :   Atasi Sembelit, Solusi Lancar Buang Air Besar

Gantilah kata-kata di atas menjadi “Menangislah, jika itu membuat kamu lebih baik,” atau “Tak apa kalua kamu mau menangis”. Luapan air mata, acap kali membuat orang menjadi lebih tenang dan lebih baik atas segala masalah yang dipikulnya.

Membujuk dengan paksaan

Orang yang bersedih kadang kala tak memiliki gairah untuk melakukan aktivitas lain, seperti makan. Kamu pasti pernah membujuk temanmu untuk makan di saat ia tengah meratapi kesedihan. Niatmu memang baik, agar ia tak sakit sebab telat makan.

Namun, niat baikmu itu justru dapat berdampak buruk bagi temanmu. Yang bisa kamu lakukan dengan cara mengingatkanya. Tak perlu memaksanya jika ia enggan melakukan. Cukup bawakan makanan dan letakkan didekatnya.

Baca Juga :   6 Cara Jadikan Ruangan Sejuk Meski Tanpa AC

Memberikan saran

Memberikan saran memang terdengar baik. Namun, jika memberikan saran pada situasi dan waktu yang tidak tepat justru malahdapat memperburuk kondisi mental teman.

Sekalipun kamu merasa apa yang dilakukan temanmu ini tidak baik, cobalah untuk menahan diri terlebih dahulu supaya tidak memberikan saran ketika temanmu menangis. Karena saran tadi hanya akan membuat perasaannya semakin memburuk.

Kecuali kalau teman kamu sendiri yang meminta saran, maka kamu bisa mengatakan hal-hal baik yang bisa membantunya.

Komentar

News Feed