Kesbangpol Pati Nilai Partisipasi Pemilih Muda di Pilkades Bagus

Pati, SMJTimes.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pati menilai partisipasi pemilih pemula atau pemilih muda dalam pemilihan kepala desa maupun pemilihan lainnya sudah tergolong bagus.

“Partisipasi pemilih muda di Kabupaten Pati sudah bagus,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol), Nasikun saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/5/2021) lalu.

Bahkan, dalam pilkades serentak gelombang pertama yang diselenggarakan pada tanggal 10 April 2021 lalu, banyak pemuda yang berani mencalonkan diri sebagai calon kepala desa. Walaupun ada yang kalah, tetapi beberapa diantaranya berhasil menjadi Kades.

Meskipun demikian, pihaknya akan terus mengingatkan partisipasi para pemilih pemula ini agar demokrasi di Kabupaten Pati berkembang dengan baik dan generasi muda melek politik dan sadar terhadap demokrasi.

Baca Juga :   Tinggal Menghitung Hari, Pilkades Diharapkan Berjalan Damai

Kesadaran berpolitik untuk kaum muda ini sangat diperlukan agar adanya regenerasi pemimpin dan menciptakan generasi penerus yang tangguh, sadar dan anti politik uang. Di mana politik uang menjadi salah satu penyakit demokrasi.

Komentar