oleh

Dispertan Pati Bagikan Ratusan Ribu Kartu Tani

Pati, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pertanian (Dispertan) akan bagikan 144.736 Kartu Tani untuk digunakan dalam penebusan pupuk bersubsidi.

Dengan kartu tani alokasi pupuk untuk masing-masing petani menjadi jela sehingga mampu menjamin hak petani. Juga diharapkan bisa menekan angka oknum penyalur pupuk subsidi.

Alokasi pupuk untuk masing-masing petani bisa di cek melalui aplikasi SIMPI di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan setempat.

Mudya Surya Wirawan, Penyuluh Pertanian sekaligus Administrasi Kartu Tani Dispertan Pati mengatakan sejak tahun 2020 Dispertan Pati telah mengupgrade 2x pendataan kartu tani.

“Di Januari 2021 kemarin kita sudah data 126,041 peserta kartu tani. Sudah kita bagikan kartunya kepada 103,913 orang. Artinya sudah 82,44 persen sudah dibagikan,” kata Surya, Jumat (7/4/2021).

Baca Juga :   Skenario Politik Menuju K1 Periode 2022-2027 Sudah dimulai, Begini Analisanya

“Lalu ada tambahan dan data yang sama yang harus dipilah, kita upgrade. Hingga penerimanya saat ini mencapai 144.736 orang. Nanti akan kita bagikan lagi di periode berikutnya,” imbuh Surya.

Dari data tersebut pengguna kartu tani terbanyak berada di Kecamatan Sukolilo dengan jumlah petani 19,146 orang, disusul Kayen 10.999 orang, dan tambakromo 10,388 orang.

Sementara tersedikit berada di kecamatan Trangkil yang baru 3.328 orang petani.

Surya menjelaskan, selain digunakan untuk penyaluran pupuk bersubsidi, kartu tani juga mempunyai fungsi lain, diantaranya dapat dimanfaatkan sebagaimana kartu ATM.

Seluruh akses layanan perbankan bisa dilakukan seperti menabung, transaksi, dan pinjaman, termasuk mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna pembiayaan pertanian.

Baca Juga :   Ulat Impor Hantui Tanaman Jagung Petani Tambakromo

“Kartu tani fungsinya seperti ATM biasa hanya ditambahkan fitur kartu pupuk. Tidak ada potongan. Kalau ATN biasa kan ada potongan Rp 11-15 ribu, nah ini enggak. Di Pati di bank BRI,” jelas Surya.

Terkahir kartu tani juga menjadi sarana untuk penyaluran berbagai bantuan sosial dari pemerintah ke petani.(*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Dispertan Akan Bagikan 144.736 Kartu Tani, Ini Manfaatnya”

Komentar

News Feed