oleh

Kapal di Pelabuhan Juwana Kebakaran Akibat Pembakaran Sampah, Kerugian Rp50 Juta

Pati, SMJTimes.com – Diduga lantaran adanya aktivitas pembakaran sampah yang tidak dipantau, Kapal Asia Makmur Rezeki 05 ludes terbakar di Pelabuhan Juwana, Pati, Senin (3/5/2021) malam. Kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Damkar dan Linmas Satpol PP Pati, Mirza Nur Hidayat saat dikonfirmasi, Selasa (4/5/2021) pagi.

“Sekitar pukul 18.39 WIB kami mendapat laporan adanya kejadian kebakaran di Pelabuhan Juwana,” ungkap Mirza.

Setelah itu, pihaknya langsung terjun ke lokasi dengan mengerahkan 5 unit truk damkar dan satu unit kapal damkar. Sesampainya di lokasi, pihaknya melihat kobaran api telah membesar. Dan menghanguskan bagian depan lambung kapal.

“Sekitar pukul 20.00 WIB, kami berhasil mendinginkan bara api. Tidak ada korban jiwa. Kebakaran semalam menghanguskan lambung kapal bagian depan seluas 3 x 3 meter,” katanya.

Mirza mengatakan pemilik kapal bernama Suwito, 50 tahun, warga Desa Bendar, Kecamatan Juwana. Atas kejadian ini pemilik diperkirakan rugi hingga Rp50 juta.

Soal penyebab kebakaran, Mirza menuturkan dari hasil pantauan kamera pengintai di sekitar lokasi kejadian. Diketahui api yang melalap Kapal Asia Makmur Rezeki 05 berasal dari api pembakaran sampah di sebuah bengkel yang terletak di sekitar tempat kapal bersandar.

“Di dekat lokasi bersandarnya kapal terdapat sebuah bengkel. Di bengkel tersebut ada pembakaran kayu limbah yang mengandung oli. Api pembakaran itu kemudian merambat ke kapal dan membakar kapal,” jelasnya.

Atas kejadian ini, Mirza mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kebakaran. “Kalau lagi bakar sampah jangan ditinggal,” tandasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Pembakaran Sampah, Kapal di Pelabuhan Juwana Terbakar

Komentar

News Feed