Puluhan Ribu Penerima BST Tak Terima Bantuan, Dinsos Pati: NIK Tak Valid

Pati, SMJTimes.com – Ribuan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di kabupaten Pati pada bulan Maret-April tidak menerima bantuan. Rekening mereka kosong, tidak menerima bantuan dari pusat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Pati, Tri Haryumi saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Haryumi mengungkapkan rekening penerima BST yang kosong pada Maret-April sejumlah 9.947 dari total penerima BST di Kabupaten Pati berjumlah 39.760. Sedangkan yang masih menerima sejumlah 29.833 penerima.

“Kosong, karena invalid. Artinya ada NIK yang tidak valid. Ada yang sudah meninggal, ada yang sudah pindah. Itu yang mengeksekusi langsung dari Kemensos,” ungkapnya.

Baca Juga :   APBD Kena Refocusing, Pencairan Bansos Sembako Bagi Nelayan Diundur

Padahal, pada periode penerimaan bantuan sosial sebelumnya, mereka menerima bantuan langsung tunai ini. Bulan April ini merupakan terakhir penyaluran BST dari pemerintah pusat. Alhasil jika dilakukan perbaikan data pun akan sia-sia.

Komentar