Puluhan Napi Lapas Semarang Dipindah Demi Putus Jaringan Narkoba

Semarang, SMJTimes.com – Untuk mengurangi overload kapasitas hunian, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang pindahkan lima puluh delapan narapidana ke sejumlah Lapas di Jawa Tengah dan Nusakambangan, Rabu (28/04).

Dengan pengawalan oleh petugas Lapas serta petugas dari Kepolisian Sektor (Polsek) Ngaliyan dan anggota Koramil Ngaliyan pemindahan dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang berlaku dengan menggunakan bus besar.

Kepala Lapas Semarang, Supriyanto menjelaskan bahwa pelaksanaan redistribusi 58 narapidana ke sejumlah Lapas meliputi 18 narapidana ke Lapas Karanganyar, 15 narapidana ke Rutan Batang dan 15 narapidana ke Lapas Slawi dan 10 narapidana ke Lapas Brebes. Selain itu pemindahan narapidana ini juga menindaklanjuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah tentang Pemindahan Narapidana dalam rangka pembinaan, keamanan dan pengurangan over kapasitas.

Baca Juga :   37 Narapidana Lapas Pati Peroleh Program Asimilasi

“Saat ini kondisi Lapas Semarang sangat over kapasitas. Dengan kapasitas hunian 663 orang, per hari ini penghuni mencapai 1706 orang yang terdiri dari narapidana dan tahanan,” jelas Kalapas.

Komentar