oleh

4 Daerah di Jateng Bakal Punya CSIRT, Salah Satunya Pati

Pati, SMJTimes.com – Kabupaten Pati mempunyai tim tanggap insiden siber atau Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Tim ini tengah dinilai oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Pati Indriyanto mengungkapkan setelah penilaian ini, CISRT milik Kabupaten Pati akan didaftarkan di BSSN dan akan menjadi salah satu CISRT yang pertama di Provinsi Jawa Tengah.

“Ini di Provinsi Jawa Tengah belum ada dan nanti kita menjadi salah satu yang pertama di Jawa Tengah,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/4/2021) lalu.

“Nanti didaftarkan di BSSN kalau nanti sudah siap dan didaftarkan nanti akan dilaunching, launchingnya masih menunggu asesmen,” lanjut Indriyanto.

Baca Juga :   Dewan Harap Ada Keringanan Guru Honorer di Seleksi PPPK

Hal ini diamini oleh Marselina Tri N, selaku Koordinator yang ditugaskan mengawal pembentukan CISRT di Kabupaten Pati. Ia mengungkapkan apabila CISRT Pati terdaftar akan menjadi salah satu yang pertama di Jawa Tengah.

“Di Jawa Tengah nanti ada empat dan salah satunya di Kabupaten Pati. Kabupaten Pati sudah ada sejak 2019 dan ini kita review kembali terhadap ada yang telah dilakukan. Mungkin ada hal-hal yang masih kurang supaya bisa dilakukan perbaikan,” kata Marselina ditemui terpisah.

Dibentuknya tim insiden siber agar kita bisa merespons secara cepat apabila ada insiden atau permasalahan siber di lingkup Kabupaten Pati.

“Fokus kita di kedinasan, tetapi apabila ada pelayanan kedinasan yang berhubungan dengan masyarakat, masyarakat bisa menginfokan apabila ada kekurangan,” tuturnya.

Baca Juga :   Puluhan Orang di Kecamatan Gabus Terpapar Covid-19

Ia mengaku CISRT Pati nanti masih mempunyai kekurangan. “Tapi kita harapkan di level dua ya. Kalau di level dua itu mereka sudah bisa mandiri lah,” tandasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “CISRT Pati Salah Satu yang Pertama di Jawa Tengah”

Komentar

News Feed