4 Hal yang Perlu Kamu Lakukan saat Menjumpai Korban Kekerasan Seksual

SMJTimes.com – Kekerasan seksual bukanlah hal baru yang menjadi persoalan hingga kini. Pasalnya, meski persoalan ini muncul sejak dulu, hingga kini tak ada penanganan serius secara hukum untuk menyanksi pelaku kekerasan seksual.

Di Indonesia sendiri, perempuan menjadi kaum yang rentan korban kekerasan seksual. Meskipun begitu, laki-laki juga bisa menjadi korban kekerasan seksual.

Tindak kekerasan seksual bisa dilakukan oleh siapa saja begitu juga di mana saja. Bahkan di sejumlah tempat umum, pelaku bisa melancarkan aksinya.

Menurut badan kesehatan dunia, World Health Organization atau WHO, kekerasan seksual dapat diartikan sebagai segala perilaku yang dilakukan dengan menyasar seksualitas atau organ seksual seseorang tanpa mendapatkan persetujuan, dan memiliki unsur paksaan atau ancaman. Pelaku kekerasan seksual tidak terbatas oleh gender dan hubungan dengan korban.

Baca Juga :   Sering Overthinking? Berikut Cara-cara Mengatasinya

Lantas, apa yang bisa kita lakukan ketika mendapati teman atau orang terdekat yang menceritakan dirinya merupakan korban kekerasan seksual. Berikut tips yang diberikan Kalis Mardiasih, penulis buku Muslimah yang Diperdepatkan dalam akun istagramnya.

  1. Tanyakan kepadanya apakah ia mengalami kerusakan fisik akibat kekerasan seksual yang dialami

Kekerasan seksual sering kali berimbas kepada kekerasan fisik yang dialami oleh korban. Kalian bisa menawarkan kepada korban untuk menemaninya pergi ke tenaga kesehatan atau layanan kesehatan reproduksi yang ramah korban kekerasan.

Komentar