oleh

Tingkatkan Hasil Pertanian, BPP Puncakwangi Terima Bantuan Alsintan

Pati, SMJTimes.com – Sektor pertanian di Kecamatan Pucakwangi mendapat bantuan berupa pengadaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemerintah.

“Petani kami memperoleh bantuan Alsintan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, serta dana aspirasi,” ungkap Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pucakwangi, Wicaksana Adinugraha, Kamis (22/4/2021).

Alsinten yang didapatkan meliputi traktor, mesin pipil jagung, kultivator, alat pengering padi, dan sepeda motor roda tiga untuk cabe dan bawang, dan terpal untuk menjemur bawang hasil panen.

Ia mengaku senang atas beberapa alat yang diberikan guna memudahkan petani dalam melakukan aktivitas pertanian. Ia menilai alat-alat tersebut mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian di Kecamatan Pucakwangi.

Baca Juga :   Petani Perlu Kembangkan Pertanian Organik

Wicaksana menyebut daerah Pucakwangi memiliki banyak potensi pertanian. Meliputi padi dengan luas 4.400 hektare, jagung dengan luas 1.300 hektare, tebu dengan luas 665 hektare.

Selain itu ada perkebunan tembakau dengan luas 35 hektare yang berada di Desa Mojoagung dan Desa Sitimulyo. Serta tanaman pangan holtikultura cabe dan bawang merah dengan luas masing-masing 10 hektare di Desa Tretek dan Desa Klakar.

Ia juga mengatakan, bahwa petani di Kecamatan Pucakwangi sering mengalami kesulitan di musim tanam. Hal tersebut disebabkan karena daerah tersebut merupakan wilayah kering dengan kontur berbukit.

Menurutnya, setiap musim kemarau petani selalu kesulitan dalam mengaliri area pertanian mereka.

Kondisi tersebut mendapatkan perhatian serius dari Dinas Pertanian (Dispertan). Sehingga pihak Dispertan menganggarkan bantuan berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan infrastruktur pertanian. Meliputi sumur, dam parit, dan embung.

Baca Juga :   DPRD Pati: Pemerintah Perlu Beri Pelatihan Online Bagi Pedagang

Namun, ia menyampaikan, meski tersedianya sarana tersebut pengairan tetap terkendala, terutama pada musim paceklik. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Pucakwangi Memperoleh Dukungan Pengadaan Alsintan dari Pemerintah

Komentar

News Feed