Waktu Terbaik Sikat Gigi Saat Berpuasa

SMJTimes.com – Menjaga bersihan gigi dan mulut menjadi hal penting yang tak boleh terlewat di bulan puasa. Selain menjaga kesehatan, kebersihan area mulut juga memberikan kenyamanan tersendiri saat menjalankan ibadah puasa.

Melansir Antara, Selasa (20/4/2021) drg. Rosdiana Nurul berbagi tips waktu yang tepat menggosok gigi sewaktu puasa. Menurutnya, saat berpuasa menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikat sebanyak dua kali sehari, setelah sahur dan sebelum tidur.

Di waktu pagi hari, sikat gigi dilakukan setidaknya 30 menit setelah makan sahur. Sikat gigi dilakukan minimal selama dua menit. Setelah itu menggunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip saat sahur.

Selain itu, Rosdiana juga mengimbau kepada masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter di masa Ramadan. Ia meminta agar melakukan kegiatan rutin periksa gigi setiap enam bulan sekali untuk memantau kondisi kesehatan gigi.

Baca Juga :   Serba Serbi Lidah Buaya Merawat Jerawat

Ia juga menyarankan menggunakan cairang untuk berkumur yang non alkahol seltelah menyikat gigi. Hal ini cuku dilakukan sekali dalam sehari.

Komentar