Sambut Ramadan, Damkar Pati Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

Pati, SMJTimes.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pati, TNI AL, Korps Kepolisian Air dan Udara (Polairud) dan komunitas nelayan lakukan simulasi pemadaman kebakaran kapal di Pelabuhan II Juwana hari ini, Rabu (7/4).

Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya menanggulangi dan meminimalisir risiko kebakaran di area pelabuhan. Pasalnya, area tersebut setiap tahunnya berpotensi terjadi kebakaran skala sedang dan besar.

Kabid Damkar dan Kibmas Satpol PP Pati, Mirza Nurhidayat mengatakan kegiatan ini juga untuk sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadan.

Mirza mengaku saat bulan Ramadan pelabuhan Syahbandar Juwana ramai ditambati kapal nelayan lokal dan kapal sari luar daerah. Saat kondisi tersebut angka kelalaian masyarakat pelabuhan semakin tinggi

Baca Juga :   Menurut Survei, Generasi Milenial Suka Jalan-Jalan Saat Ngabuburit di Bulan Ramadan

“Kemudian tujuan berikutnya sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi puasa dan lebaran. Mengingat bulan itu banyak kapal yang berlabuh di pelabuhan Juwana. Kejadian tahun tahun lalu akibat kapal yang menumpuk kecerobohan sering terjadi,” terang Mirza (7/4/2021).

Simulasi digelar dengan ilustrasi sebuah kapal barang terbakar. Para peserta dengan komando khusus diinstruksikan untuk memadamkan api sesuai perannya masing-masing.

“Dari Damkar mengerahkan 1 buah kapal dan dua 2 unit mobil pemadam dan 1 unit mesin semprot damkar portabel,” kata Mirza.

Sementara komunitas nelayan,Dishubla, dan Polairud ikut memadamkan api menggunakan mesin semprot portabel yang ditempatkan di masing-masing kapal.

Komentar