Sederet Makanan Tinggi Kalsium Untuk Anak

SMJTimes.com – Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting bagi tumbuh kembang dan kesehatan anak. Agar kebutuhan kalsium anak terpenuhi, ada beragam makanan tinggi kalsium untuk anak yang bisa disajikan.

Kalsium berfungsi untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, mineral ini juga memiliki peranan yang penting dalam melancarkan aliran darah, menjaga fungsi otot dan saraf, menjaga kadar kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung. Asupan kalsium yang tercukupi juga mencegah anak dari masalah tumbuh kembang dan penyakit tertentu, seperti rakitis.

Untuk mendapatkan manfaat kalsium di atas, anak membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1000–1200 mg per hari. Asupan ini bisa diperoleh dari berbagai makanan tinggi kalsium atau suplemen nutrisi tambahan yang mengandung kalsium.

Baca Juga :   Tips Merawat Rambut Tetap Sehat dan Berkilau

Ada banyak makanan berkalsium tinggi yang bisa diberikan kepada anak. Makanan-makanan ini juga mengandung nutrisi lain yang dapat mendukung tumbuh kembangnya. Dilansir dari alodokter.com, terdapat beberapa pilihan makanan tinggi kalsium untuk anak yang perlu dicatat:

  1. Susu dan produk olahannya

Sumber kalsium yang paling umum dikenal adalah susu. Dalam tiap secangkir susu, terkandung sekitar 240 mg kalsium. Bila anak tidak suka atau tidak bisa minum susu sapi, bisa diberikan susu kedelai untuk mendapatkan asupan kalsium.

Komentar