Hutan Gundul Dinilai Jadi Penyebab Banjir Tahunan di Pati

Pati, SMJTimes.com – Beberapa kawasan di Kabupaten Pati menjadi langganan banjir setiap tahun. Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati Hardi menilai banjir disebabkan karena banyaknya hutan di Kabupaten Pati yang telah ditebangi. Selain itu embung yang seharusnya menjadi penampung air hujan jumlahnya sangat kurang.

“Ya penyebabnya ini banyak, hutan ditebangi. Ini hutannya gundul nggak ada tanaman yang gede-gede itu. Habislah pokoknya. Jati habis. Mahoni habis itu penyebabnya,” ujar Hardi.

Oleh karena itu, politisi asal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini mengharapkan pemerintah memperhatikan hal demikian. Pemerintah harus melakukan reboisasi. Selain itu juga embung-embung di Pati seharusnya diperbanyak supaya potensi banjir di Pati bisa berkurang.

Baca Juga :   Pemkab Kumpulkan Paguyuban Lorong Indah di Kantor Kecamatan Margorejo

“Pertama harus mereboisasi. Penanaman hutan kembali. Mencegah penebangan liar. Seolah-olah ini tidak terurusi. Reboisasi memang penting agar hutan tetap lestari. Penebangan dijaga betul. Di daerah Kayen, Sukolilo, Tambakromo itu hampir merata,” harapnya.

Komentar