Usai Terdampak Banjir, Dewan Harap Pertanian Pati Lekas Pulih

Pati, SMJTimes.com – Sejumlah kawasan di Kabupaten Pati sempat dilanda banjir beberapa waktu lalu. Dimas Thole Danutirto selaku Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, berharap kondisi pertanian lekas kembali pulih pascabanjir.yang terdampak akibat banjir segera pulih.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut, upaya Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati telah maksimal. Terutama dalam mengidentifikasi lahan-lahan pertanian yang rusak akibat banjir maupun yang mengalami puso.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dispertan sedang melakukan pengajuan bantuan benih kepada Pemerintah Provinsi dan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia,” ungkap Dimas.

Ia menyampaikan bahwa selain dari bantuan benih, sebelumnya telah ada Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang pendanaannya bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Dari APBN memberikan subsidi premi sebesar 20%. Sedangkan, AUTP yang dianggarkan dari APBD subsidi preminya sebesar 100%.

Komentar