Kesadaran Kolektif Masyarakat Diperlukan Untuk Cegah Klaster Pilkades

Pati, SMJTimes.com –  Muntamah anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, mengungkapkan kesadaran kolektif masyarakat diperlukan guna menjaga diri dari Covid-19.

Pasalnya, sejumlah desa di Kabupaten Pati akan menyelenggarakan Pilkades 2021 di tengah pandemi ini. Ajang tersebut dinilai sangat berisiko menjadi klaster penyebaran Covid-19 karena berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Di masa pandemi Covid-19, masyakarat perlu ditekankan agar sadar terhadap ancaman bahaya Covid-19 di sekitar mereka,” ujar Muntamah, Jumat (2/3/2021).

Sebelumnya, sejak 2020 telah digencarkan program Jogo Tonggo untuk memantau perkembangan penanganan Covid-19 di desa, terutama di tingkat RW.

Program tersebut dapat diakses melalui aplikasi jogotonggo.jatengprov.go.id. Program ini diharapakan dapat memberikan pelaporan, khususnya laporan yang harus disampaikan setiap hari seperti keadaan keamanan, sosial, hiburan, dan kesehatan.

Baca Juga :   PTM Diberhentikan,13 Siswa SMPN 1 Winong Pati Reaktif Covid-19

Selain itu, terdapat beberapa pernyataan yang penting seputar penyakit penyerta, sarana prasarana pendukung protokol kesehatan, dan potensi kerumunan massa.

Komentar