Dewan Minta Pemkab Rancang Kebijakan Strategis Guna Antisipasi Kerugian Petani

Pati, SMJTimes.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menyebutkan mitigasi bencana serta pananganan pasca bencana menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah. Khususnya antisipasi dan penanganan bencana banjir yang hampir setiap tahun melanda di sejumlah wilayah di Bumi Mina Tani hingga ke wilayah persawahan.

Nur Sukarno, anggota Komisi B, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati agar memikirkan kebijakan strategis bagi petani. Pasalnya, musibah banjir yang melanda sejumlah kawasan di Pati mengancam petani akan gagal panen.

“Pemerintah melalui dinas terkait harus mengambil langkah yang strategis untuk mengantisipasi apabila ada bencana alam maupun serangan hama yang mengakibatkan kerugian petani,” ungkap Sukarno saat dihubungi, Jumat (12/2/2021).

Baca Juga :   Vaksinasi Berjalan Lancar, DPRD Pati Yakin Covid-19 Segera Usai

Sukarno menilai perlu adanya antisipasi banjir dengan menggandeng berbagai pihak dan lembaga terkait. Agar kondisi bencana ini tak semakin parah.

Pada banjir awal tahun ini, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati mencatat ada 2.269 hektare sawah terendam banjir.

Komentar