Tak Lagi Ribet Menghitung, Bonum Hadir Permudah Bisnis UKM

SMJTimes.com – Semakin canggih, Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia bisa memanfaatkan layanan kasir digital gratis berbasis smartphone Android Bonum. Memanfaatkan layanan ini, pedagang lebih mudah menghitung dan mencatat penghasilan.

Bonum merupakan aplikasi besutan Telkom yang banyak digunakan oleh mayoritas UKM yang bergerak di bidang kuliner, toko kelontongan, dan toko baju yang tersebar di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Baca juga: Jajal Fitur Birdwatch, Twitter Bisa Deteksi Kabar Hoaks

Menurut keterangan CEO Bonum Herdi Widiantoro, layanan ini tidak dipungut biaya sepersen pun. Tak hanya itu, pelaku UKM juga tidak perlu investasi perangkat keras tambahan dalam menggunakannya.

“Layanan lain harus beli tab, beli lagi hardware. Kalau produk kami, semuanya tersedia di smartphone UKM, jadi tidak perlu beli-beli lagi,” ujar Herdi.

Baca Juga :   Berapa Lama Waktu Ideal Penggunaan Earphones?

Setahun terakhir, Bonum sengaja memberikan layanan secara gratis sebagai taktik promosi. Namun, layanan gratis ini dibatasi jumlah transaksi ataupun pembatasan fitur kasir daring tersebut.

Baca juga: Waspada Modus Penipuan Shopee Pay, Jangan Bocorkan Kode OTP

“Kalau kami strateginya berikan dulu semuanya, biar kawan-kawan UKM tahu dulu manfaatnya tanpa memberatkan keuangan mereka. Nanti bertahap kami berikan layanan tambahan yang berbayar,” sambungnya.

Untuk mempermudah dan dirancang sederhana, pelaku usaha ritel tidak perlu lagi belajar untuk dapat menggunakannya. Ada juga fitur hitung manual (Kalkulator) Bonum yang dapat menghitung dan mencatat penghasilan UKM.

Bonum menyediakan menu agar pembeli bisa membayar produk atau jasa dengan uang non tunai apapun di Indonesia. Nantinya, UKM akan mendapatkan laporan lengkap pendapatan harian, mingguan dan bulanan yang bisa mudah dibagikan maupun diunduh. Kemudahan tersebut lantas mendapat apresiasi dari sejumlah pelaku UKM sebagai mitra dari Bonum.

Baca Juga :   Haji Pintar, Aplikasi Cerdas bagi Jemaah Haji

Baca juga: Empat Poin Utama Cita-cita Kehadiran 5G di Indonesia

Layanan berbayar ini kelak ditekankan pada menu manajemen kustomer, semisal pencatatan khusus untuk harga diskon/khusus, sehingga manajemen keuangan berjalan lebih baik namun tetap tidak merepotkan UKM.

Sekalipun berbayar, sambung Herdi, tarif langganan tetap akan diusahakan di bawah Rp 50 ribu per bulan. Pada November ini, sosialisasi menu tambahan ini akan dimulai dan rencana penerapan terdekat pada awal 2021 mendatang.

Baca juga: 

Artikel ini telah tayang di detikINET dengan judul “Bonum, Layanan Kasir Digital Gratis Permudah Bisnis UKM

Komentar