Kilas Balik Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia 10 Oktober

SMJTimes.com – Tepat hari ini, Sabtu (10/10/2020) bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia. Peringatan tersebut untuk mengkampanyekan dukungan kebutuhan kesehatan mental dan psikososial masyarakat.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah salah satu bidang kesehatan masyarakat yang paling terabaikan. Hampir 1 miliar di dunia memiliki gangguan kesehatan mental, 3 juta orang meninggal setiap tahun akibat penggunaan alkohol yang berbahaya dan satu orang meninggal setiap 40 detik karena bunuh diri.

Baca juga: Video : Tertibkan APK dan APS, Bawaslu Semarang Gandeng 9 Instansi

Saat ini, miliaran orang di seluruh dunia telah terpengaruh oleh pandemi Covid-19, yang berdampak lebih jauh pada kesehatan mental masyarakat. Namun, sedikit orang di dunia yang memiliki akses ke layanan kesehatan mental yang berkualitas.

Baca Juga :   Penelitian Mengungkap Kasus Bunuh Diri 4 Kali Lebih Tinggi dari yang Dilaporkan

Di negara berpenghasilan rendah dan menengah, lebih dari 75% orang dengan gangguan mental, neurologis, dan penyalahgunaan zat tidak menerima pengobatan sama sekali untuk kondisi mereka. Akses terbatas ke perawatan kesehatan mental yang berkualitas dan terjangkau di dunia sebelum pandemi, semakin berkurang karena Covid-19 telah mengganggu layanan kesehatan di seluruh dunia.

Komentar