Beberapa Upaya Tingkatkan Imunitas Tubuh

SMJTimes.com – Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri dari penyakit. Kemampuan tersebut sering dikenal dengan imunitas tubuh.

Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Pada dasarnya, sistem imun tubuh secara normal dapat bekerja sangat efisien dalam menghadapi musuh tersebut.

Akan tetapi pada kondisi sebaliknya, ketika daya tahan tubuh lemah seseorang akan lebih mudah terserang penyakit. Hal ini yang menyebabkan orang lebih mudah jatuh sakit.

Baca juga: Sejuta Manfaat Air Putih

Terlebih di masa pandemi saat ini, menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima sangatlah penting. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Baca Juga :   5 Jenis Makanan Bisa Lemahkan Imunitas Tubuh

1. Istirahat cukup

Kurang tidur menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit seperti batuk atau flu. Studi membuktikan, orang yang beristirahat dengan baik mengembangkan perlindungan yang lebih kuat terhadap penyakit. Tidak cukup tidur dapat menyebabkan kadar hormon stres yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan lebih banyak peradangan di tubuh. Bagi orang dewasa, tidur 7 hingga 9 jam adalah kunci untuk kesehatan yang baik.

Komentar