Meski Dalam Masa pandemi, Produksi Gabah Kering Giling Meningkat

Pati, Smjtimes.com – Meski di tengah pandemi covid-19, produksi gabah kering giling di Kabupaten Pati diprediksi mengalami peningkatan. Bila sepanjang tahun 2019 realisasi produksi gabah giling mencapai 574.097 ton, tahun ini Dinas Pertanian Kabupaten Pati memprediksi produksi gabah bisa mencapai  619.818,7 ton hingga bula Desember nanti.

Gunawan, Kabid Penyuluhan & Informasi Dinas Pertanian Kabupaten Pati mengatakan kenaikan volume produksi gabah disebabkan oleh banyaknya petani tebu yang beralih ke pertanian padi.

“Jadi kalau dibandingkan tahun kemarin ada kenaikan dari hampir 30 an ribu ton. Kemarin ada petani tebu yang beralih ke padi, secara luasan tanah untuk tanam padi otomatis agak naik,” jelasnya pada Sabtu (18/7/2020).

Baca Juga :   4 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Nikah Muda

Baca juga: Pemuda Desa Winong Kerap Sosialisasikan Protokol Kesehatan Melalui Bersepeda

Sejalan dengan naiknya angka produksi gabah, ketersediaan beras untuk warga Pati pun tahun ini diprediksi surplus.

“Untuk beras diprediksi tahun ini akan mampu memproduksi 396.807,9 ton. Sementara kebutuhan konsumsi warga Pati kita asumsikan per orang  rata-rata membutuhkan 9.916,1 ton per bulan. Jika dikalikan menjadi satu tahun butuh 118.993,5 artinya kita ada surplus 277,814,4 ton itu untuk ketersediaan beras di Pati,” terang Gunawan.

Komentar