Jateng Dapat Predikat Pemerintah Terbaik Gerakan Antikorupsi

Semarang – Jawa Tengah dinilai diberikan predikat sebagai pemerintah terbaik dalam bidang gerakan antikorupsi. Predikat tersebut diberikan berdasarkan survei penilaian integritas (SPI) Komisi Pemberantasan Korupsi yang dikeluarkan pada 1 Oktober 2019.

Dalam pemetaan area rawan korupsi di Indonesia, Jawa Tengah memperoleh indeks tertinggi dengan skor 78,26.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menjelaskan capaian tersebut merupakan buah dari digitalisasi sistem dan pengawasan masyarakat. Saat awal menjabat, Ganjar melakukan mitigasi korupsi dan melakukan pembenahan sistem pemerintahan.

“Pertama pembenahan sistem dan dilanjutkan proses digitalisasi sistem. Yakni penerapan e-government, e-budgeting, pengelolaan gratifikasi, pelaporan LHKPN sampai pelayanan masyarakat melalui media sosial. Dengan demikian siapapun bisa mengakses,” kata Ganjar, Selasa (1/10).

Baca Juga :   Masih Banyak Warga Jimbung BAB di Sungai, Ganjar Beri Bantuan Pembuatan WC

Baca juga: Cegah Korupsi Dini, Ganjar Ajak Mahasiswa dan Siswa Jadi Agen Antikorupsi

Dari hasil survey oleh KPK, pelaporan LHKPN Jateng dari eselon 1 sampai 4 dan 100 anggota DPRD Jateng mencapai 100 persen pada 2018. Pejabat Jateng juga secara konsisten melaporkan penerimaan gratifikasi kepada KPK yang jumlahnya semakin menurun tiap tahun.

Komentar